THE EFFECT OF CUSTOMERS’ INCOME, BUSINESS CAPITAL, MARGIN AND COLLATERAL VALUE ON MURABAHAH FINANCING DEMAND AT BANK BNI SYARIAH MIKRO KANTOR CABANG PEMBANTU PRAYA.

Muhammad Zia Anggi Sukmana*  -  Mataram university, Indonesia

(*) Corresponding Author

Abstract. The Effect of Customers’ Income, Business Capital, Margin and Collateral Value on Murabahah Financing Demand at Bank BNI Syariah Mikro Kantor Cabang Pembantu Praya. The study was objective to analyzed effect of customers’ income, business capital, margin and collateral value on murabaha financing demand at Bank BNI Syariah Mikro Kantor Cabang Pembantu Praya. Type of research was explanation study with quantitative approach. Population of the study is customers’ entire murabaha product. Sampling method applied non probability sampling. Data was collected by means of observation, interview, and questionnaire sheets. Data was analyzed via OLS multiple regression. Hypothesis testing are held two methods namely partial test (t-test) to examine effect of each independents variables individually and overall test (F-test) to examine effect of all independent variables simultaneously. Result of the study indicated that income and margin has significant effect on murabaha demand with t-stat is larger than tα, respectively. In the other hand, both business capital and collateral value has no significant effect on its demand, these variable indicated t-stat less than tα. Simultaneously these independent variables on murabaha demand have significant effect.

 

Abstrak. Pengaruh Pendapatan Pelanggan, Modal Bisnis, Margin, Dan Nilai Collateral Terhadap Pembiayaan Murabahah Pada Bank Bni Syariah Mikro Kantor Cabang Pembantu Praya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan nasabah, modal, margin pembiayaan serta nilai jaminan terhadap permintaan pembiayaan murabahah pada Bank BNI Syariah Mikro Kantor Cabang Pembantu Praya. Jenis penelitian adalah penelitian eksplanasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah semua nasabah pembiayaan produk murabahah di Bank BNI Syariah KCP Praya. Sampel penelitian menggunakan non probability. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner (angket). Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Secara parsial pendapatan nasabah dan margin pembiayaan berpengaruh signifikan terhadap permintaan pembiayaan murabahah pada Bank BNI Syariah Mikro Cabang Pembantu Praya. Sedangkan modal dan nilai jaminan tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan pembiayaan murabahah pada Bank BNI Syariah Mikro Cabang Pembantu Praya. Secara simultan pendapatan nasabah, margin pembiayaan, modal, dan nilai jaminan tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan pembiayaan murabahah pada Bank BNI Syariah Mikro Cabang Pembantu Praya.

Keywords : income, capital, margin, collateral and murabaha

  1. El-Diwany, Tarek (2003), The Problem With Interest, Diterjemahkan oleh Amdiar Amir dan Ugi Suharto, Jakarta, Akbar Media Eka Sarana.
  2. Husni. 2010. “Pengaruh Tingkat Dana Pihak Ketiga, Bonus Sertifikat Wadiah Bank Indonesia dan Non Performing Financing Terhadap Penyaluran Pembiayaan Pada Bank Muamalat Indonesia (Periode Tahun 2001-2008)”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Syari’ah UIN Sunan Kalijaga
  3. Hasan, Ali (2010), Marketing Bank Syariah,Bogor, Ghalia Indonesia
  4. Magboul, Abbas, (2016), Determinants of Demands for And Suply of Credit to Smale Scale Enterprise and Performance of Formal Microcredit Market in Sudan, Disertasi, Universitas Pretoria, 2016.
  5. Mustika Rimadhani, Osni Erza. 2011. “Analisis Variabel Variabel Yang Mempengaruhi Pembiayaan Murabahah Pada Bank Syariah Mandiri Periode 2008.01 – 2011.12”. Jurnal Ekonomi, Volume 19 Nomor 1, April 2011. Jakarta: Universitas Trisakti.
  6. Nazir, H. dan Hasanuddin, M. (2004), Ensiklopedi Ekonomi dan Perbankan Syariah, Bandung, Kaffa Publishing.
  7. Naser, K., Jamal, A. & Khalid Al- Khatib (1999), “Islamic Banking : A Study of Costumer Satisfication and Preference in Jordan”, The International Journal of Bank Marketing for the Finacial Service Factor, XVII (3), 135-151
  8. Pratin, dan Akhyar Adnan. 2005. “Analisis Hubungan Simpanan, Modal Sendiri, NPL, Prosentase Nagi Hasil dan Markup Keuntungan Terhadap P embiayaan pada Perbankan Syariah (Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia)”. Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Bisnis Islami, 2005.
  9. Ridwan, Muhammad (2005), Manajemen Bank Syariah, Yogyakarta Ekonosia, 2005
  10. Rizal, Abd (2013), http://abdrizalsmile.blogspot.com/2013/04/bank-syariah-pengertian-prinsip-tujuan.html , diakses tanggal 2 Februari 2015, pukul 16.45 WIB.
  11. Santosa, Perdana Wahyu (2009), Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Pembiayaan Murabahah Bank Syariah di Indonesia Periode Januari 2004 – Desember 2008, Dikta Ekonomi Volume 6, 2009
  12. Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Keenam, Andi, Yogyakarta.
  13. Wibowo, Muhammad Ghafur. 2007. Potret Perbankan Syariah Indonesia Terkini (Kajian Kritis Perkembangan Perbankan Syariah). Yogyakarta: Biruni.
  14. Wuri Arianti, Harjum Muharam. 2011. “Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF) dan Return On Asset (ROA) Terhadap Pembiayaan Pada Perbankan Syariah
  15. Lombok Tengah Dalam Angka 2011
  16. Laporan Bulanan BNI Syariah Mikro Cabang Pembantu Praya, Januari 2015-Juni 2016.
  17. Undang-undang No. 7 Taun 1992 tentang perbankan.
  18. _____, Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 72 Tahun 1992 Tentang Perbankan, http://setneg.go.id/produk-hukum-perundang-undangan/undang-undang/ 1998, diakses tanggal 2 Februari 2015, pukul 16.45 WIB
  19. _____, Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah, http://setneg.go.id/produk-hukum-perundang-undangan/undang-undang/ 2008, diakses tanggal 2 Februari 2015, pukul 16.45 WIB
  20. http://tiosijimbo.wordpress.com/2011/03/19/pengertian-klasifikasi-bank/
  21. http://putracenter.net/2009/09/23/definisi-fungsi-dan-peranan-bank-umum-dalam-perekonomian/
  22. http://afand.abatasa.com/post/detail/2357/sejarah-perbankan--pengertian-asas-fungsi-dan-tujuan
  23. http://www.financeplanet.info/95554,id-dua-sifat-khusus-industri-perbankan.html
  24. http://rieska1511.blogspot.com/2011/03/peranan-bank-indonesia-dalam-perbankan.html
  25. http://arp-rabbani.blogspot.co.id/2011/10/tujuan-bank-islam.html
  26. http://perpustakaancyber.blogspot.co.id/2014/03/persamaan-dan-perbedaan-bank-syariah-dan-konvensional.html
  27. Usman, suparman, 2002, Hukum Islam, Jakarta selatan: gaya media pratama Jakarta

ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam
Published by Departement of Islamic Economics, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten - Indonesia

Main Building of Faculty of Islamic Economics and Business, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Jenderal Sudirman Street, No. 30 Serang 42188 Banten Indonesia
Phone: +62 81511475475
Website: https://journal.islamiconomic.or.id/
Email: asep.dadan@uinbanten.ac.id

ISSN: 2085-3696 (Print)
ISSN: 2541-4127 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

apps