ANALISIS KEBERHASILAN USAHA CUCI SEPEDA MOTOR DI KOTA SERANG DILIHAT DARI BESARNYA MODAL, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA

GULI AJA, ULI WILDAN NURYANTO

Abstract


 

Abstract. Success Analysis of Motorcycle Washing Business in Serang City in View Of Capital Amount, Service Quality and Price. The purpose of this research is to determine the magnitude of the effect of capital, service quality and price on the success of motor washing business in Serang City. The analysis is conducted to the owner who engage in motor washing business and consumers who use the services of motor wash. By analyzing the variables partially and together it is expected to obtain the relationship and the magnitude of the correlation between the three factors to the success of the motor washing business in Serang City. This research also explains descriptively economic influence with existing steam motor effort in Serang City. This research uses a survey method with the 32 samples of owner motor washing and 110 consumers. The results of this research are expected to be useful for entrepreneurs who perform motor wash business and useful for the development of science in particular can be a scientific journal and learning framework that can be developed into the future of learning reference.

 

Abstrak . Analisis Keberhasilan Usaha Cuci Sepeda Motor di Kota Serang di Lihat Dari Besarnya Modal, Kualitas Pelayanan dan Harga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh dari modal, kualitas pelayanan dan harga terhadap keberhasilan usaha cuci motor di Kota Serang. Analisa dilakukan terhadap pelaku usaha yang menggeluti usaha cuci motor serta konsumen yang menggunakan jasa cuci motor. Dengan menganalisa variabel-variabel tersebut secara parsial dan bersama sama diharapkan dapat diperoleh hubungan dan besarnya korelasi antara ketiga faktor terhadap keberhasilan usaha cuci motor di Kota Serang. Penelitian ini juga menjelaskan secara deskriptif pengaruh ekonomi dengan adanya usaha steam motor yang ada di Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 32 tempat pencucian motor serta 110 konsumen yang menggunakan jasa cuci motor tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi pengusaha yang menggeluti usaha cuci motor serta bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dapat menjadi jurnal ilmiah serta kerangka belajar yang dapat dikembangkan kedepannya menjadi bahan pembelajaran.

 


Keywords


Motor Washing, Capital Amount, Service Quality, Price

Full Text:

PDF 141 - 168

References


Abdul, Kadir Muhammad. 2004. Hukum dan Penelitian Hukum. Bandung. PT. Citra Aditya Bakti

Anwar Prabu Mangkunegara, (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya

Amirullah, dan Imam Hardjanto, 2005. Pengantar Bisnis. Yogyakarta. Graha Ilmu,

Ardi Nugroho, Listyawan. 2011. Pengaruh Modal Usaha. Yogyakarta. Pustaka Pelaja

Az. Nasution. 2004. Hukum Perliindungan Konsumen, Suatu Pengantar. Jakarta. Diadit Media

Bambang Riyanto. 1997. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan Edisi Keempat. Yogyakarta. BPEE

Basu Swastha dan Irawan, 2005. Asas-asas Marketing. Yogyakarta. Liberty

Bilson Simamora. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Surabaya. Pustaka Utama.

Buchari Alma. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Djaslim Saladin, 2001, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung. Lindakarya,

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Husein Umar. 2011. Desain Peneitian Akuntansi Perilaku. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta. Erlangga

Maholtra, Naresha K. 2006. Basic Marketing Research: A Decision making Approach. Upper Saddle River. NJ Prentice Hill

Ridwan MBA. 2005. Belajar Mudah Penelitian, Guru dan Konsumen/pelanggan. Bandung. Alfabeta

Shiffman dan Kanuk. 2000. Perilaku Konsumen.Jakarta. PT. Indeks Gramedia

Sugiyono 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Sulastiyono, Agus. 2011. Manajemen Penyelenggaraan Hotel.Seri manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi. Bandung. CV Alfabeta

Tjiptono. 2010. Pemasaran Strategik. Yogyakarta, ANDI

Zeithaml dan Britner.2003. Service Marketing Integrating Customer Focus Across the Firm. Boston. Mc GrowHill/Irwin

Ita Prihatining Wilujeng & Mochammad Subakti Yusuf. 2011. Faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam penggunaan jasa cuci motor.

Beny Diktus Prima Dwi Candra. 2014. Pengelolaan dan pengembangan Bisnis tempat cuci motor OKE di Surabaya.

Ilham Adi Nugroho, Abu Bakar, Lisye Fitria. 2014. Analisis Kelayakan Usaha Pencucian Kendaraan Bermotor Studi Kasus Purwokerto Timur Jawa Tengah.




DOI: http://dx.doi.org/10.32678/ijei.v8i2.72

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

INDEXED BY:

                                                        Hasil gambar untuk logo issuu     Hasil gambar untuk logo drji     Hasil gambar untuk logo journal factor          Hasil gambar untuk logo indonesia one search     Hasil gambar untuk logo universal impact factor          Hasil gambar untuk logo citeulike    

 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Free counters!

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

© Copyright of ISLAMICONOMIC: Journal Ekonomi Islam 2016 (P-ISSN: 2085-3696, E-ISSN: 2541-4127)

     Creative Commons License