PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP MINAT NASABAH MEMILIH PRODUK TABUNGANKU (Studi di Bank Muamalat Indonesia Cabang Serang)

LAILA FITRIANI*  -  IAIN SMH Banten, Indonesia
ASTI AINI  -  IAIN SMH Banten, Indonesia

(*) Corresponding Author

Hasil wawancara penulis dengan dengan custumer service Bank Muamalat Indonesia Cabang Serang menyatakan jumlah seluruh nasabah tabunganku dari bulan Mei 2010 sampai Oktober 2013 berjumlah 578 orang. Hal ini menunjukkan kurangnya minat nasabah terhadap program tabunganku yang salah satu penyebabnya adalah tidak efektifnya strategi pemasaran dan posisi kantor yang kurang strategis. Stategi pemasaran pada dasarnya memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion).

Masalah yang diangkat dalam riste ini adalah: 1. Apa alasan nasabah dalam memilih produk tabunganku? 2. Berapa besar pengaruh strategi pemasaran terhadap minat nasabah memilih produk tabunganku pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Serang?

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah yang menggunakan tabunganku di Bank Muamalat Cabang Serang. Jenis data yang digunakan adalah primer dengan menyebar angket/kuesioner kepada nasabah yang menggunakan produk tabunganku. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif,  uji t, koefisien korelasi dan koefisien determinasi.

Dari hasil penelitian, terhadap 41 orang responden, penulis menyimpulkan bahwa strategi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah memilih produk tabunganku. Dari hasil statistik menggunakan SPSS ver 16.00 hal ini dapat dilihat dari angka korelasi sebesar 57% yang artinya hubungan kedua variabel adalah sedang. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa   lebih besar dari     yaitu sebesar (4,360 > 1,70). Hal ini berarti bahwa    ditolak dan    diterima, artinya bahwa ada pengaruh antara Strategi pemasaran terhadap minat nasabah memilih produk tabunganku. Nilai R sebesar 0.572 yang artinya pengaruh strategi pemasaran terhadap minat nasabah memilih produk tabunganku sedang. Nilai  = 0,328 artinya bahwa 32,8% perubahan tabunganku dipengaruhi oleh strategi pemasaran, dan sisanya (100% - 32,8% = 67,2%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini
  1. Agama, RI Departemen, Alqur’an Dan Terjemahnya, (Jakarta: CV Darus sunah, 2002), p.549
  2. Ascarya, Akad Dan Produk Bank Syariah, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2007
  3. Assuari, Sofjan, Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep & Strategi, Cetakan Ke 11 Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011
  4. E. Vogel, Frank, and Hayes, Samuel L. Hukum Keuangan Islam, Konsep Teori Dan Praktek, Cetakan I, Bandung: Nusamedia, 2007
  5. Edwin Nasution, Mustafa, et al., Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006
  6. Hergawati, Heni, Pengaruh Strategi Pemasaran Perbankan Syariah Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah. Serang, IAIN “Sultan Maulana Hasanuddin” Banten: 2012
  7. Karim, Adiwarman, Bank Islam Analisis fiqih dan Keungan Edisi Dua, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004
  8. Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008
  9. Kotler, Philip, and Lane Keller, Kevin, Manajemen Pemasaran, edisi ketiga belas, Jakarta : Erlangga, 2009
  10. Lamri, Ujang, Strategi Bank BRI Syariah Cabang Cilegon Dalam memberdayakan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Cilegon, Serang, IAIN “Sultan Maulana Hasanuddin” Banten: 2012
  11. Muhammad, Metode Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008
  12. Mutmainah, Lilis, Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Mengikuti Program Asuransi Pendidikan (Mitra Iqra), Serang: IAIN “Sultan Maulana Hasanuddin” Banten, 2011
  13. Nazir, Moh. Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003
  14. Nengsih, Pengaruh Tabungan Mudharabah Terhadap Biaya Operasional Bank Syariah. Serang, IAIN “Sultan Maulana Hasanuddin” Banten: 2011
  15. Nisa, Khoirun, Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah dalam Produk Pembiayaan Bank Syariah. Serang, IAIN “Sultan Maulana Hasanuddin” Banten: 2011
  16. Prabu Mangkunegara, Anwar, Prilaku Konsumen, cetakan ke empat, Bandung: PT Refika Aditama, 2002
  17. Riduwan,. et,.all, Cara Mudah Belajar SPSS 17.0 dan Aplikasi Statistik Penelitian, Alfabeta, Bandung: 2013
  18. Rizki Yuliani, Rika, Pengaruh Non Performing Financing Terhadap Pendapatan Margin Murabahah Perbankan Syariah, Serang: IAIN “Sultan Maulana Hasanuddin” Banten, 2012
  19. Siregar, Sofian, Statistik Deskriptif Untuk Penelitian, Jakarta: Rajawali Pers, 2010
  20. Slamet, Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
  21. Sobur Alex, Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia, 2003
  22. Soemitro, Andri, Bank & Lembaga Keungan Syari’ah, Edisi Pertama Cetakan Kedua Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010
  23. Sonyoto, Danang Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen, Cetakan Pertama, Jakarta: CAPS, 2012
  24. Sugiarto, et.all,. Teknik Sampling, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003
  25. Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian Cetakan Ke 20, Jakarta: Alfabeta, 2012
  26. Sujianto, Agus Eko, Aplikasi Statistik dengan SPSS,ver 16.00, Jakarta: Prestasi Pustakarya, 2009
  27. Syari’ah dan Ekonomi Islam IAIN “Sultan Maulana Hasanuddin” Banten, Serang: fseipress, 2010
  28. Taniredja, Tukiran dan Mustafidah, Hidayati, Penelitian Kuantitatif Sebuah Pengantar, Bandung: Alfabeta, 2011
  29. Wirdyaningsih, et.all,. Bank Dan Asuransi Islam Di Indonesia, Edisi Pertama Cetakan Kedua, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006

ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam
Published by Departement of Islamic Economics, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten - Indonesia

Main Building of Faculty of Islamic Economics and Business, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Jenderal Sudirman Street, No. 30 Serang 42188 Banten Indonesia
Phone: +62 81511475475
Website: https://journal.islamiconomic.or.id/
Email: asep.dadan@uinbanten.ac.id

ISSN: 2085-3696 (Print)
ISSN: 2541-4127 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

apps